Sedikit Catatan Sejarah

Jelaskan apakah yang disebut dengan Peristiwa Pralaya Medang (1016)!

Peristiwa Penyerangan yang dilakukan oleh Raja Wurawari terhadap Raja Darmawangsa. Penyerangan itu dilakukan oleh Raja Wurawari saat Raja Darmawangsa sedang menikahkan putrinya dengan Erlangga. Dalam peristiwa ini Raja Darmawangsa tewas. Erlangga berhasil menyelamatkan diri ke hutan Wonogiri ditemani Patih Narotama. Di hutan Wonogiri, Erlangga mempersiapkan diri untuk merebut tahta kerajaan.

Jelaskan 6 babak kehidupan Erlangga!

a. Masa Kanak-Kanak dan Remaja (1000-1016)

Pralaya Medang: Erlangga menikah dengan putri Dharmawangsa pada usia 16 tahun.

b. Masa Penggemblengan Lahir Batin (1016-1018)

Pralaya Medang: Erlangga dan Narottama bertapa selama 2tahun di hutan gunung Wanagiri

c. Masa Persiapan Politik (1019-1028)

Erlangga mengadakan persiapan-persiapan untuk menjadi raja.

Tahun 1019. Erlangga dinobatkan jadi Raja. Setelah dilantik jadi raja. Erlangga memperluas wilayah kekuasaannya. Salah satunya adalah menjalin hubungan baik dengan bekas rakyat kerajaan Dharmawan dan Sriwijaya. Erlangga menikah dengan putri Sriwijaya.

d. Masa Perjuangan (1028-1035)

Tahun 1028. Erlangga mengadakan serangan untuk menaklukan wilayah sehingga pada tahun 1035 Erlangga berhasil mengembalikan wilayah kekuasaan kerajaan Medang (Surabaya, Malang. Kediri, Madiun)pengaruhnya sampai ke JaTeng dan JaBar.

e. Masa Pembangunan (1035-1042)

Setelah selesai mempersatukan wilayah. Erlangga berusaha membangun kerajaannya.

· Erlangga membangun waduk Waringin Sapta

· Erlangga membuat pelabuhan Hujung Galuh dan Kambang Putih

· Memindahkan Ibukota Watan Mas ke Kahuripan

· Memerintahkan Mpu Kanwa untuk menulis kitab Arjunawiwaha isinya: Erlangga saat bertapa diganggu makhluk halus. Kitab ini juga sebagai symbol pernikahan Erlangga dan putrid Sriwijaya.

f. Masa Kependetaan (1042-1049)

Setelah menyelesaikan seluruh tugas kehidupan. Erlangga bermaksud untuk menjadi pertapa. Namanya berubah jadi Resi Gentayu.

Siapakah Ken Arok? Jelaskan riwayat hidupnya serta buatlah daftar silsilah antara Tunggul Ametung, Ken Dedes, dan Ken Arok!

Ken Arok adalah anak dari Ken Endok dan Gajah Para. Saat kecil Ken Arok dibuang dikuburan. Tubuhnya bersinar dan ditemukan oleh Lembong (pencuri). Akhirnya Ken Arok bertemu Pendeta Loh Gowe dan diperkerjakan di Tunggul Ametung sebagai abdi.

Tunggul Ametung + Ken Dedes = Anusapati, Ranggawuni (Wisnu Wardhana), Kertanegara.

Ken Dedes + Ken Arok = Mahesa Wongateleng, Mahesa Cempaka, Lembu Tal, Raden Wijaya

Ken Arok + Ken Umang = Tohjoyo

Jelaskan tentang Peristiwa Ganter (1222)!

Peristiwa yang terjadi antara Kertajaya – Para Brahmana – Ken Arok

Keinginan Kertajaya untuk menjadi penguasa dunia. Para brahmana menentang karena dianggap mengurangi hak-hak kaum Brahmana. Brahmana meminta bantuang kepada Ken Arok dengan perjanjian kalau menang akan menjadi akuwu Tumapel. Maka terjadilah Perang Ganter antara Kertajaya dengan Ken Arok. Dimenangkan oleh Ken Arok. Tetapi Ken Arok tidak puas akhirnya mendirikan Kerajaan Singosari.

Jelaskan bagaimana situasi akhir Kerajaan Singosari!

a. Serangan dari Kaisar Khu Bilai Khan (Mongol)

b. Serangan Jayakatwang dan Aryawiraraja

Orang kepercayaan Kertanegara yaitu Jayakatwang, merasa tidak puas terhadap pemerintahan Kertanegara sehingga ia bermaksud menjatuhkan Kertanegara, lalu Jayakatwang bersekutu dengan Aryawijaya untuk penyerangan kepada Kertanegara. Serangan ini dilakukan pada saat pasukan Singosari sedang melakukan ekspedisi Pamalayu. Pada saat itu Kertanegara sedang melakukan upacara keagamaan pasukan Jayakatwang menyerang 2 arah yaitu arah utara dan selatan. Utara : Pasukan yang biasa bertugas mengacaukan keadaan. Selatan : Pasukan yang kuat yang dapat menghancurkan istana Kertanegara sekaligus menewaskan Kertanegara.

Jelaskan bagaimana proses berdirinya Kerajaan Majapahit!

a. Raden Wijaya, 4 putri Kertanegara, dan Aharaja melarikan diri ke desa Kudadu (Madura). Ditengah jalan Aharaja berkhianat

b. Raden Wijaya ke Madura dan bertemu Bupati Sumenep. Aryawijaya memberi nasehat untuk menyerahkan diri ke Jayakatwang. Karena sudah tunduk maka diberi wilayah kekuasaan yaitu Hutan Tarik (Raden Wijaya hanya pura-pura tunduk)

c. Raden Wijaya menggalangg kekuatan (Pasukan) untuk menyerang Jayakatwang.

d. Raden Wijaya bertemu pasukan tar-tar (Pasukan Khu Bilai Khan), ia dengan pasukan tar-tar Raden Wijaya menyerang Jayakatwang

e. Raden Wijaya membohongi pasukan tar-tar, Raden Wijaya memberikan upeti, tetapi ia menyerang pasukan tar-tar (3000) dan yang lain pulang ke China

f. Raden Wijaya memdirikan Karajaan Majapahit dan menjadi Raja Majapahit dengan helar Sri Kertarajaya Jayawardhani

Jelaskan apakah yang disebut dengan pemberontakan Kuti dan Pemberontakan Sadeng!

Pemberontakkan Kuti adalah yang paling berbahaya, karena pemberontakkan ini dapat menghancurkan Ibu Kota Majapahit dan yang dapat menyelamatkan adalah Patih Gajahmada, maka Patih Gajahmada diangkat menjadi Patih Kahuripan dan Patih Kediri.

Pemberontakkan Sadeng

Apakah yang disebut dengan Perang Bubat?

Seluruh nusantara dipersatukan kecuali Kerajaan Pajajaran (sunda) dengan Raja Sri Baduga Maharaja akhirnya perkawinan politik Hayam Wuruk dengan Putrinya yang bernama Dyah Pitaloka.

ayahnya berangkat bersama beberapa pengawal ke Majapahit hingga tiba di Bubat, sebuah desa di perbatasan kotaraja. Gajahmada menahan HW untuk menjemput ke Bubat padahal hal tersebut yang dijanjikan bersama sebelumnya. GM dan pasukan besarnya lah yang menjemput dan menyatakan pernikahan ini sebuah persembahan penyatuan wilayah.Raja Sri Baduga merasa marah dan terhina atas kejadian ini akhirnya terjadilah Perang Bubat.

Apakah yang disebut Perang Paregreg?

Kematian Gajah Mada 1364 dan Hayam Wuruk 1389. Kepemimpinan digantikan putri Hayam Wuruk yang bernama Kusumawardhani menikah dengan Wikramawardhana. Kusumawardhani ingin menjadi pertapa sehingga Wikramawardhana menjadi raja Majapahit. Di blambangan, Pangeran Bhre Wirabhumi (masih keturunan Hayam Wuruk) tidak setuju jika Wikramawardhana menjadi raja. Akhirnya terjasi perang Paregreg yang menyebabkan Majapahit runtuh. Perang ini cukup lama yang pada akhirnya melemahkan Majapahit sehingga wilayah-wilayah Majapahit melepaskan diri.

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan Kerajaan Majapahit runtuh?

Perang Paregreg, Tidak ada kaderisasi kepemimpinan sehingga kekuasaan kosong, Kerajaan bawahan melepaskan diri, Masuknya islam, Mundurnya perekonomian karena Majapahit tidak dapat melindungi pusat-pusat perdagangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Follower

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...