Meninggalnya Osama bin Laden




Benarkah Osama bin Laden tewas ? ini mungkin bisa jadi benar.. karena presiden pemburu teroris (Obama) sudah mengumumkannya bahwa Osama bin Laden meninggal. tapi yang masih jadi kejanggalan dibanyak pihak adalah belum munculnya gambar / foto atau apapun yang bisa menguatkan pernyataan (Foto Osama bin Laden meningga). jadi bisa dibilang no fact is hoax walaupun obama sendiri yang bilang. kita tunggu saja gambar Osama bin Laden tewas ini.



Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah mengumumkan kematian Osama bin Laden. Pemimpin jaringan Al Qaeda itu tewas dalam serangan pasukan AS di Pakistan. Osama tewas setelah ditembak di bagian kepala.

Dikatakan pejabat-pejabat yang enggan disebutkan namanya itu, pasukan Operasi Khusus AS melancarkan serangan terhadap sebuah bangunan di luar Islamabad, Pakistan. Dalam pertempuran yang terjadi Minggu, 1 Mei itu, personel AS melepaskan tembakan yang mengenai kepala Osama. Dia pun tewas dalam kontak senjata itu.


Sebelumnya, dalam pidatonya di Gedung Putih, Obama menyampaikan bahwa pasukan AS telah menewaskan Osama yang telah bertahun-tahun diburu Angkatan Bersenjata AS.
Dikatakan Obama, pada Agustus lalu, pejabat intelijen AS mendapatkan informasi mengenai keberadaan Osama yang kemudian mendorong adanya operasi yang puncaknya terjadi pada Minggu kemarin dengan kematian Osama.


"Dan akhirnya, pekan lalu, saya putuskan bahwa saya telah mendapatkan intelijen yang cukup untuk bertindak dan memerintahkan operasi untuk menangkap Osama bin Laden dan mengadilinya," kata Obama dalam pidatonya di Gedung Putih.


Warga Amerika Serikat menyambut gembira berita Osama bin Laden tewas dia pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden.


Laporan wartawan VOA Helmi Johanes dari Amerika Serikat menyatakan, massa dalam jumlah besar terlihat memenuhi depan Gedung Putih. Sambil mengibarkan bendera AS, warga menyerukan kegembiraannya atas pemberitaan tewasnya Bin Laden.


Hal yang sama juga terlihat di lokasi Ground Zero, bekas gedung world Trade Center, tempat serangan mematikan Al Qaeda, yang menewaskan sedikitnya tiga ribu warga AS.


Menurut Helmi, seluruh media-media utama Amerika Serikat gencar memberitakan tewasnya Bin Laden. Diberitakan Bin Laden tewas oleh regu kecil militer AS yang bertugas di wilayah Pakistan.


Laporan intelijen tentang keberadaan Bin Laden telah masuk sejak Agustus lalu dan pada Maret dilakukan sejumlah pertemuan dalam komisi keamanan kepresidenan.


Dan baru hari Jumat lalu, Obama memerintahkan untuk menangkap Bin Laden sehingga akhirnya Osama bin Laden tewas.


“Keadilan telah ditegakkan. Kami berterima kasih kepada tim intelejen dan tentara atas prestasi ini, ” demikian Pidato Presiden Barrack Obama atas tewasnya Osama bin Laden.
Osama bin Laden tewas di Islamabad – Pakistan bersama rekannya dalam penyergaan militer Amerika Minggu malam.
Osama yang disebut-sebut sebagai dalang serangan menara kembar New York 2001, tewas setelah memimpin Al Qaeda selama 20 tahun dan jadi buruan AS 10 tahun terakhir.

Obama menegaskan bahwa tewasnya Osama bin Laden tak berarti Amerika Serikat bermusuhan dengan Islam, karena Osama Bin Laden bukan pemimpin umat Islam.



Osama bin Laden yang tewas pada usia 54 tahun, lahir di kerajaan Arab Saudi pada tahun 1957, dari keluarga kaya dalam bisnis konstruksi.
Ayahnya, Muhammad bin Laden, berasal dari Yaman, yang berimigrasi ke Arab Saudi sejak masih kanak-kanak . Ia menjadi miliarder setelah sukses menjadi perusahaan konstruksi terbesar di Kerajaan Saudi.
Seperti Arab Saudi berkat kucuran uang minyak, demikian juga Osama bin Laden, yang memanfaatkan hubungan baiknya dengan keluarga kerajaan.
Bin Laden muda mewarisi bagian dari kekayaan keluarga pada usia dini setelah ayahnya meninggal dalam kecelakaan pesawat.
Kelaurga Ladens dikenal taat agama. Pada masa mudanya, Osama belajar dengan ulama Muslim. Dua proyek bisnis keluarga ‘yang paling bergengsi juga meninggalkan kesan abadi: renovasi masjid di Mekah dan Madinah, dua tempat suci Islam.
Saat kuliah di Jeddah, Osama muda sudah tegas mengambil sikap politiknya. Salah satu profesor pengajarnya, Abdullah Azzam, seorang sarjana Palestina disebut-sebut sebagai mentor dan tokoh kunci dalam munculnya gerakan keagamaan baru pan-Islam.
Azzam mendirikan sebuah organisasi untuk membantu mujahidin berjuang untuk mengusir invasi Uni Soviet di Afganistan pada tahun 1979.
Bin Laden segera menjadi sponsor organisasi, menggunakan koneksi keluarganya untuk mengumpulkan uang. Dia menjadi sukarelawan untuk Afghanistan pada usia 22 tahun, bergabung pasukan yang didukung AS melawan Soviet.
Ia tetap di Afganistan selama satu dekade, menggunakan aset dari bisnis konstruksi dan bisnis keluarganya untuk membantu pasukan gerilya Muslim membangun tempat penampungan, terowongan dan jalan melalui pegunungan terjal Afghanistan, di tengah kecamuknya pertempuran.
Pada akhir 1980-an, Bin Laden mendirikan Al Qaeda. Analis dan penulis masalah terorisme Peter Bergen kepada CNN mengatakan tujuan awalnya adalah untuk menyediakan dokumentasi untuk pejuang Arab yang berperang melawan Soviet di Afghanistan, termasuk sertifikat kematian.
Al Qaeda, di bawah kepemimpinan bin Laden, mengoperasikan kamp-kamp pelatihan untuk membantu mereka mempersiapkan melawan Soviet.
Pada awal 1990, dengan disintegrasi Uni Soviet, Bin Laden kembali ke Arab Saudi setelah Soviet mundur dari Afghanistan. Namun tak lama kemudian dia berbalik pemandangan ke negara adidaya dunia yang tersisa – Amerika Serikat.
Invasi Irak terhadap Kuwait memberikan titik balik berikutnya dalam karir Osama bin Laden. Ketika Amerika Serikat mengirim pasukan ke Arab Saudi untuk perang terhadap Irak dalam Perang Teluk Persia, Bin Laden sangat marah. Dia telah menawarkan diri untuk membela kerajaan Saudi namun pemerintah Saudi mengabaikan rencananya.
Maka dimulailah membidik target Amerika Serikat untuk kehadirannya di Arab Saudi, pulang ke situs-situs Muslim suci Mekkah dan Madinah. Kritik bin Laden di Arab Saudi menciptakan gesekan terlalu banyak dengan pemerintah kerajaan , sehingga dia dan pendukungnya hijrah ke Sudan pada tahun 1991.
Di sana, menurut pejabat AS, al Qaeda mulai berkembang menjadi jaringan teror, dengan bin Laden sebagai pelindungnya. Memanfaatkan kekayaan pribadinya, Bin Laden juga terus mengembangkan bisnisnya dalam konstruksi, pertanian dan ekspor.
Meskipun pemerintah AS tidak menyadari pada saat itu, Bin Laden sudah aktif bekerja melawan itu.



Menurut kesaksian pengadilan, ia mengirim salah satu letnan atas, Mohammed Atef, untuk membantu melatih Somalia untuk menyerang tentara penjaga perdamaian AS yang ditempatkan di sana. Dalam wawancara dengan CNN, Bin Laden mengungkap keterlibatannya dalam kematian 18 prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1993 di Mogadishu.
Juga pada tahun 1993, saat teroris mengebom World Trade Center di New York, menewaskan enam orang dan melukai ratusan. Akhirnya, Bin Laden akan diberi nama bersama dengan banyak orang lain sebagai co-konspirator unindicted dalam kasus itu.
Dalang serangan, Ramzi Yousef, kemudian akan mengungkapkan bahwa dia memiliki hubungan dekat dengan al Qaeda.
Pada tahun 1996, Bin Laden membawa perang melawan Amerika Serikat selangkah lebih maju. Saat itu, kewarganegaraan Saudinya dicabut, dan dipaksa oleh pejabat Sudan, di bawah tekanan dari Amerika Serikat, untuk meninggalkan negara itu. Ia pun kembali ke Afghanistan di mana ia menerima pelabuhan dari fundamentalis Taliban, yang memerintah negeri itu.
Pada saat itu, Amerika Serikat telah mulai mengakui bahaya ancaman dari Osama, atas statusnya sebagai sponsor kegiatan terorisme .
Dalam sebuah wawancara CNN tahun 1997, bin Laden mengumumkan “jihad,” atau “perang suci,” melawan Amerika Serikat.
Menurut laporan, namun pemerintah AS melewatkan tawaran pemerintah Sudan untuk menyerahkan bin Laden, karena pada saat itu tidak ada tuntutan pidana terhadap dia. Saudi, menurut sebuah wawancara dengan mantan kepala intelijen mereka di majalah Time, juga menolak untuk mengambil alis Osama bin Laden.
Di Afghanistan pada tahun 1996, Bin Laden mengeluarkan “fatwa,” atau perintah agama, yang berjudul “Deklarasi Perang Melawan Amerika Siapa Menempati Tanah Dua Masjid Suci.”
“Tidak ada hal yang lebih penting daripada mendorong keluar penghuni Amerika,” mendekritkan fatwa, yang memuji pemuda Muslim bersedia mati untuk mencapai tujuan itu: “Pemuda hanya ingin satu hal, untuk membunuh (tentara AS), sehingga mereka bisa mendapatkan surga . ”
Dalam wawancara pertamanya dengan media Barat pada tahun 1997, Bin Laden mengatakan kepada CNN bahwa Amerika Serikat adalah “tidak adil, pidana dan tirani.”
“AS hari ini, dengan sombong, telah menetapkan standar ganda, memanggil siapa pun pergi melawan ketidakadilan yang mereka sebut teroris,” katanya dalam wawancara. “AS ingin menduduki negara kami, mencuri sumber daya kami, memaksakan pada kita menjadi agen untuk memerintah kami.”
Pada bulan Februari 1998, ia memperluas daftar target itu, mengeluarkan sebuah fatwa baru terhadap semua orang Amerika, termasuk warga sipil.
Mereka – warga AS – harus dibunuh dimana pun mereka mungkin ditemukan di manapun di dunia, demikian dia memutuskan.
Fatwa baru ini mengumumkan lahirnya “Front Dunia Islam bagi Jihad melawan Yahudi dan Pasukan Perang Salib” dan yang ditandatangani oleh Dr Ayman al-Zawahiri, pimpinan kelompok teroris Al-Jihad Mesir.
Enam bulan kemudian, ledakan menghancurkan kedutaan Amerika di Kenya dan Tanzania, membunuh 224 orang dan melukai 4.000 lebih. Jaksa AS kemudian mendakwa Osama bin Laden sebagai otak serangan tersebut.
Pada saat tiga pesawat dibajak menghantam World Trade Center dan Pentagon, simbol dari bisnis AS dan kekuatan militer, jaringan teror bin Laden telah menjadi global dalam jangkauannya.
Organisasi ini segera menjadi sasaran utama Amerika dalam perang George W. Bush melawan terorisme global. Bin Laden, pendiri, menjadi orang paling dicari di dunia.
Diperlukan 10 tahun perburuan bagi AS untuk mendapatkan targetnya, yang berujung pada serangan Minggu (1/5) malam di Islamabad yang berakhir dengan kematian pemimpin Al Qaeda ini.
Analis terorisme menyatakan, kematian Osama Bin laden jelas bukan akhir dari serangan kepada AS dan dunia barat. Karena semasa aktifnya, Osama telah menyemai dan membangun Al Qaeda yang sangat berpengaruh dan beranak pinak. Para penerusnya jelas masih aktif dan lebih giat.

0 komentar:

Posting Komentar

Follower

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...