SEO: Tips Membuat Tag Title

Anda pasti sudah mengetahui title Tag bukan ? Yaitu tag yang akan menampilkan judul dalam browser pada bagian atas pojok kiri (pada umumnya). Selain itu juga sebagai judul yang akan di tampilkan dalam hasil searching di halaman google (SERP). Untuk membuatnya tidaklah sulit, kode html-nya juga tidak sulit. Berikut ini caranya menulis kode html untuk title tag tersebut :

<title> Tips Membuat Tag Title </title>

Caranya Mudah bukan ? Setelah anda mengetahuinya, maka selanjutnya adalah bagaiman agar judul atau title (lihat kata-kata contoh diatas yaitu yang diapit kode html <title> dan </title> = Tips Membuat Tag Title). Nah yang terpenting adalah bagaimana membuat atau menentukan judul tersebut efektif dan friendly dengan google. Berikut ini ada sedikit tipsnya :

1. Menjelaskan Isi Web Dengan Akurat
Pastikan tag title tersebut sesuai dengan isi web, anda jangan keluar dari topik web kalau tidak ingin di anggap spam oleh google. Cara sederhana adalah usahakan minimal satu kali ada kata-kata dalam judul tersebut yang tercantum di dalam isi web. Boleh sama persis dan boleh juga dengan cara-cara terpisah yang penting ada kata dalam judul yang masuk dalam isi web.
Hindari :
a. Memilih judul (tag title) yang tidak ada relevansinya dengan isi web
b. Menggunakan judul default yaitu "Untitled" atau "New Page 1".

2. Membuat Judul Yang Unik Untuk Setiap Halaman
Saya kira tidak perlu dijelaskan karena sudah jelas yaitu jangan sampai halaman satu, dua, tiga dan seterusnya memiliki judul yang sama. Buatlah unik walaupun hanya sekedar berbeda satu karakter misal "web halaman 1" dan "web halaman 2".
Hindari :
Penggunaan judul (tag title) hanya satu untuk seluruh halaman web. Jika anda nekat maka rangking web anda bisa turun karena akan diketahui google kalau web anda memiliki duplikat judul (tag title).

3. Gunakan Judul Yang Pendek dan Informatif.
Kalau membuat cukup panjang google hanya akan menampilkan sebagian saja (tidak penuh). Jadi membuat judul yang pendek namun informatif justru lebih baik.

Hindari :
a. Menggunakan judul yang cukup panjang karena itu tidak akan membantu pembaca untuk segera mengetahui garis besar web anda.
b. Melakukan stuffing keyword lewat judul (mengulang-ulang keyword dalam judul).

Contoh pembuatan judul (tag title) adalah artikel Mengembalikan Jati Diri Bangsa.

Oke sahabat, saya kira sudah cukup sedikit tips untuk membuat tag title (judul halaman web). Semoga bermanfaat bagi saya dan anda.

2 komentar:

ego dafma dasa mengatakan...

thanks atas infonya.kalau caranya kayak gini pastilah saya bisa melakukannya walau hanya menggunakan ponsel.

Hafidz Naufal Syamaidzar mengatakan...

sama-sama,, semoga berhasil..

Posting Komentar

Follower

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...